Memaksimalkan Fungsi Gmail dengan Fitur Ini untuk Bekerja

Desember 24, 2016
Apakah kamu seseorang yang sering menggunakan email (gmail. ymail, hotmail) dalam bekerja?

Ngomong-ngomong sudah seberapa besar sih fungsi email yang kamu eksploitasi?

Mungkin jawabannya akan beragam ya. Ada yang sudah memanfaatkan email secara penuh, 70%, 40%, atau ada yang hanya sekedar iseng untuk mendaftar sosmed.

Hanya kamu yang tahu jawabannya.

Mungkin kamu tertarik: buat email dan setting dasar

Banyak pengguna yang kurang peduli terhadap fasilitas yang sudah disediakan oleh pemilik layanan email khususnya email gratisan.

Padahal dengan memaksimalkan fungsi yang ada, akan membuat produktivitas kerja yang berhubungan dengan surat elektronik ini meningkat.

Ini terjadi pada hampir setiap layanan email baik ymail, hotmail, dan tak terkecuali gmail.

Agar fungsi fitur tersebut tidak mubazir tidak ada salahnya kita gunakan sehingga dapat memudahkan pekerjaan kita saat menggunakan email tersebut.

Karena saat ini gmail lah yang paling banyak digunakan, maka mari kita maksimalkan penggunaannya.

Untuk memaksimalkan penggunaan gmail dalam bekerja, kamu bisa mencoba beberapa fitur yang sudah disediakan oleh pihak google.

Berikut fitur pada gmail yang bisa kamu coba


1. Sinkronkan dengan Drive


Drive atau google drive merupakan layanan penyimpanan awan (Cloud computing) dari google yang berguna untuk menyimpan file jenis apa saja layaknya memori secara online.

Drive ini bisa kita manfaatkan berbarengan dengan gmail, maupun sebaliknya.

Fasilitas ini akan sangat bermanfaat ketika kamu membutuhkan sebuah file detik ini juga namun lupa membawanya (tertinggal di rumah). Dengan drive kamu bisa mengambil file tersebut kapan pun dan di manapun tanpa harus pulang.

Sehingga fasilitas ini cocok buat pekerja kantor, guru, mahasiswa, pelajar, maupun profesi-profesi yang berhubungan dengan data digital.

bagaimana cara menggunakan drive?

Ketika kamu upload sebuah file melalui email dan dikirim ke seseorang, maka secara otomatis pada file yang telah terupload tersebut jika kamu sorot dengan kursor akan muncul dua menu yaitu “download” dan “simpan ke drive”

Lihat gambar ini;

memaksaimalkan fungsi gmail

Klik saja menu tersebut untuk menyimpan file kita ke drive, maka kamu akan masuk pada beranda drive dan tinggal pilih folder untuk menyimpan file tersebut.

2. Gunakan Pencarian pada Gmail untuk Mencari File


Fitur kedua yang ada pada gmail yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kinerja adalah “search”.

Search atau pencarian merupakan fitur yang sangat berguna untuk mencari email masuk. Sebenarnya untuk melihat email yang baru masuk sangat gampang karena akan berwarna bold (hitam tebal) dibanding dengan email yang sudah kita buka/baca.

Namun akan sangat merepotkan jika email yang masuk sangat banyak, maka kita harus cek satu persatu sehingga memakan banyak waktu.

Selain itu jika ada suatu email lama yang ingin kita buka kembali maka harus mencarinya juga satu persatu. Untuk itulah kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk meringkas pekerjaan kita.

Saya contohkan ketika saya akan mencari email masuk dari dmca (situs pelindung online), maka saya tinggal ketik kata “dmca” pada menu search, maka secara cepat email-email yang berasal dari dmca akan muncul

fitur search pada gmail

Gambar diatas memperlihatkan email-email yang berasal dari pengirim, disini DMCA yang saya cari. Lengkap dengan tanggal masuk email tersebut ke akun saya.


Ini bisa memudahkan kita jika ada email ratusan yang masuk kea kun gmail kita.

3. Gunakan Fitur Terjemahan (Translate)


Fitur ketiga yang sangat bermanfaat adalah translate atau penerjemah, sesuai namanya fitur ini bisa kita manfaatkan apabila ada email masuk yang berupa bahasa Inggris.

Fitur ini bisa kita temui ketika kita membuka email masuk, maka di bagian atas aka nada tulisan “terjemahkan pesan” ini atau translate this email.

Klik tulisan tersebut , maka secara otomatis email berbahasa inggris yang masuk akan berubah menjadi bahasa Indonesia. 

Lihat gambar berikut:

cara memaksimalkan fungsi gmail search

Email masuk dari dmca yang berbahasa inggris

email yang sudah di translate

Setelah saya translate

Fitur ini juga sangat bermanfaat ketika ada email mencurigakan yang masuk berbahasa inggris, dari orang yang tidak kita kenal. Biasanya pada email tersebut akan mencantumkan link, saya sarankan kamu terjemahkan dulu jangan langsung klik. Bisa jadi itu email malware.

4. Manfaatkan Fitur Buat Folder


Jika fitur translate bisa memudahkan kita menerjemahkan email berbahsa inggris, lain lagi dengan fitur buat folder baru.

Seperti pada komputer kita, fitur ini bisa kita manfaatkan untuk membuat folder untuk menyimpan maupun menerima email khusus agar tidak tercampur dengan email lain.

Misalnya email dari rekan kerja, dari pacar, atau email penting lainnya. 

Fitur ini juga sangat berguna untuk keamanan akun gmail kita. dimana apabila akun gmail kita terkunci atau lupa passwaord maka biasanya pihak google akan meminta anda mengisi pertanyaan khusu salah satunya nama folder yang sudah kamu buat.

memaksimalkan gmail dengan fitur folder
label yang sudah dibuat

5. Gunakan Hangout 


Fitur hangout merupakan fitur yang memudahkan kamu untuk bercakap-cakap dengan teman, fitur ini sangat berguna jika ada keadaan terdesak.

Layaknya chatting pada email yahoo, kamu juga bisa mengobrol dengan teman menggunakan fitur ini, walaupun saat ini sudah banyak aplikasi massanger, namun gak ada salahnya kamu coba. Jika ingin mencoba kamu bisa menemukan di sebelah kiri bawah akun gmail kamu.

Sebenarnya masih banyak fitur lain yang sangat bagus di coba namun karena terkendala waktu, jadi saya bahas hanya lima. Jika kamu ingin mencoba fitur lain silahkan klik link ini

https://mail.google.com/mail/#settings/labs 



Disana kamu akan menemui banyak fitur dari gmail yang bisa di coba.

Oke itulah postingan saya tentang “Memaksimalkan Fungsi Gmail dengan Fitur Ini” semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung. Salam Play Blog's

Artikel Terkait

Previous
Next Post »