Cara Meningkatkan Sinyal Android 3G, 4G, HSDPA yang Lemah Pada Smartphone

Mei 06, 2017
Sinyal android kamu lemah? Padahal smartphonenya sudah 3G atau 4G. Wah bisa ribet dong....

Sinyal merupakan hal terpenting dari sebuah perangkat seluler, tanpa sinyal perangkat tersebut kurang gunanya.

Bagaimana tidak, kamu mau nelpon perlu sinyal, mau SMS perlu sinyal, mau chatting perlu sinyal, mau browsing juga perlu sinyal pastinya.

Sinyal android lemah biasanya ditandai dengan huruf E atau H pada smartphone atau tidak ada icon sinyal pada fitur phone.

Ternyata hilangnya ikon sinyal juga bisa terjadi pada smartphone android juga loh. Ini terjadi jika kamu berada di lokasi yang terpencil misalnya.

Lalu apa sih yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sinyal android yang lemah baik android dengan tipe 3G maupun 4G?

Baca juga : cara memperkuat sinyal wifi

Cara Meningkatkan Sinyal Android


cara meningkatkan sinyal android yang lemah
sumber gambar: rootorial.com (edit)

Untuk meningkatkan sinyal android yang lemah diperlukan cara yang sederhana sampai cara yang bisa dibilang perlakuan khusus.

Nah kamu bisa mencoba cara-cara berikut ini agar smartphone android kamu sinyalnya kembali joss lagi.

Namun perlu diperhatikan juga, untuk mendapatkan sinyal yang kuat pada smartphone android perlu juga menilai baik dari segi spesifikasi perangkat dan provider seluler yang kamu gunakan.

Kalau smartphone kamu keluaran terbaru namun menggunakan kartu yang payah maka ada kemungkinan sinyalnya lemah. Begitu juga jika kartu yang kamu gunakan 4G namun menggunakan fitur phone java ya podo wae ^^.

Baca : Wow, fitur Signal Match di Samsung Galaxy J dan A Series bikin kamu gak melakukan hal-hal aneh untuk mencari sinyal

Lalu bagaimana jika kedua-duanya baru baik perangkat maupun provider, namun sinyal masih lemah? berikut solusinya;

1. Reset Smartphone


sumber: doc pribadi

Sinyal ponsel itu terkadang bisa php juga pada pemiliknya. Kadang-kadang hilang tanpa kabar disaat sedang dibutuhkan dan muncul secara tiba-tiba disaat yang tidak tepat ^^.

Yang sudah punya pacar tunjuk tangan, yang jomblo nyingkir haaaa bercanda kok guys.

Hilangnya sinyal secara tiba-tiba bisa disebabkan banyak faktor, tunggu saja beberapa saat agar sinyal kembali kepelukan smartphone kamu.

Yang bikin sebel adalah sinyal yang gak pengertian, udah ditunggu lama eh mala gak nongol-nongol. Jangan baper sob reset smartphone kamu aja.

Saya sering melakukan ini ketika smartphone saya gak ada sinyal, dan ketika saya reset (aktifkan ulang) android......bummmm sinyalnya muncul.

Horee...mengapa bisa seperti itu ya?

kenapa sinyal android lemah?
sumber gambar: bintang.com (edit)

Ketika ponsel android/fitur phone di aktifkan ulang maka semua kegiatan aplikasi dan jaringan akan terputus, dan ketika smartphone telah aktif kembali maka akan mencari sinyal baru yang lebih kuat dari pada sebelum di reset.

Ada hikmah untuk hal yang satu ini, usahakan jangan dekatkan smartphone yang baru di aktifkan ulang dengan bayi, karena radiasinya lebih tinggi sehingga bisa berbahaya.

So, jika sinyal smartphone kamu lelet maka coba lakukan cara yang satu ini, insyaallah sinyal akan kembali seperti semula. Aamiin.

Baca juga: mengatasi smartphone cepat panas

2. Setting Ke Mode Jaringan yang Tepat

Bukan hanya aktris atau publik figur saja loh yang perlu settingan. Namun mode jaringan smartphone juga perlu dilakukan ini agar tepat sasaran.

sinyal gsm, 2g, 3g, 4g
sumber gambar: slideshare.net

Coba deh kamu perhatikan pada perangkat android milik kamu, pastinya disediakan beberapa mode pilihan jaringan yang bisa kamu pilih.

Biasanya sih dalam bentuk;

  1. GSM only, 
  2. WCDMA/HSDPA only, 
  3. Random antara GSM, 
  4. WCDMA/HSDPA, 
  5. LTE only
Nah coba kamu pilih secara bergantian mulai dari GSM sampai LTE (4G). Cara ini akan berhasil jika sobat cocokan dengan daerah tempat tinggal sobat.

Kalau daerah sobat baru mendukung GSM ya pilih yang satu ini, jika memilih yang 4G ya percuma karena belum mendukung.

Jika kamu belum tahu daerah kamu sudah support mode jaringan apa, coba baca: cara mengecek cakupan sinyal operator seluler ini, pada artikel ini kamu bisa tahu daerah kamu sudah support 4G atau belum.

3. Gunakan Provider yang Tepat

Nah pada point nomor dua kamu sudah mengetahui "setting mode jaringan yang tepat" dengan lokasi kamu tinggal, maka langkah selanjutnya kamu bisa membeli provider yang sesuai dengan sinyal yang ada didaerah kamu.

Jika daerah kamu hanya support 2G ya pilih kartu yang ini, kalau daerah kamu hanya support 3G ya pilih yang 3G. Oiya pemilihan ini juga harus kamu sesuaikan dengan smartphone kamu jika tidak support LTE jangan membeli perdana LTE.

daftar provider di indonesia
sumber gambar: kitabagiinformasi.com


Tanyakan kepada penjual. Perdana apa yang bagus untuk daerah kamu dan jenis smartphone kamu, jangan malu bertanya nanti kamu sesat dijalan. Gak ketemu jodoh deh :D.

Cara meningkatkan sinyal android yang lemah diatas sangat mudah bukan, siapa saja bisa melakukannya dan gak ribet pastinya. Demikianlah pos saya kali ini semoga bisa memberi manfaat untuk sobat semua, aamiin.

Mungkin kamu tertarik : cara mendaftar tokoumat (ecomerse muslim yang syariah)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »