Smartphone Cepat Panas, Berikut Cara Mengatasinya

Mei 08, 2017
Smartphone sudah menjadi benda yang sulit dilepaskan dari kehidupan kita. Dengan ponsel pintar ini, segala aktivitas menjadi lebih mudah dan praktis.

Lihat saja, dengan smartphone kita bisa melakukan kegiatan yang sebelumnya mustahil menjadi nyata.

Saat lapar kita bisa memesan makanan via smartphone, kangen dengan pasangan bisa video call, dan aktivitas lainnya.

Rata-rata orang akan menggunakan smartphonenya lebih dari 12 jam dalam satu hari. Pemakaian yang panjang ini tidak hanya membuat baterai cepat habis namun juga dapat menyebabkan smartphone cepat panas.

Smartphone cepat panas bisa membuat kecepatan android menjadi lambat. Bahkan parahnya dapat MELEDAK seperti bom.

Bahaya bukan,... oleh sebab itulah kita harus mengetahui cara mengatasi smartphone yang cepat panas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berikut caranya;

Mengatasi Smartphone Cepat Panas


sumber gambar: naijainformation.com


1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Dulu saya sering menggunakan smartphone dengan tingkat kecerahan yang full baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Setelah menggunakan beberapa lama android saya menjadi panas. Saya sempat takut mengapa bisa panas? Apa bisa berdampak buruk pada smartphone saya kedepan.

Setelah saya search ternyata penggunaan smartphone dengan tingkat kecerahan layar yang tinggi, dapat membuat smartphone cepat panas. 

Tidak hanya itu, kecerahan layar yang tinggi juga dapat membuat baterai cepat low yang seharusnya bisa bertahan 5 jam menjadi hanya 2.5 jam saja.

Menggunakan smartphone android dengan layar yang terlalu cerah juga bisa membahayakan mata jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Nah, jika ponsel pintar kamu tidak mau cepat panas maka sebaiknya jangan menggunakan kecerahan layar yang terlalu tinggi. 

Boleh saja mengatur tingkat kecerahan layar secara full jika kamu berada di luar ruangan dengan tingkat cahaya yang besar. Namun lebih baik hindari ini jika berada di dalam ruangan.

2. Non Aktifkan Aplikasi Tertentu

Namanya juga ponsel pintar. Jadi kita bisa melakukan beberapa hal hanya dalam satu perangkat saja.

Seperti browsing, chatting, hingga bermain game secara bersamaan. Agar android kamu tidak mudah panas lebih baik non aktifkan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.

Kita tidak sadar bahwa penggunaan aplikasi yang terlalu banyak dalam satu waktu membuat kinerja dari smartphone tersebut menjadi lebih keras.

Bila smartphone bekerja lebih keras dalam memproses data, maka suhu android akan meningkat pula yang bersumber dari baterai dan hardware.

Agar smartphone tidak cepat panas lebih baik nonaktifkan sementara aplikasi yang tidak penting-penting amat, seperti game misalnya.

3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Saya itu orangnya suka beraktivitas di luar ruangan, maklumlah saya orang lapangan dan selalu berada diluar.

Inilah yang menyebabkan smartphone saya banyak terkena sinar matahari langsung ketika digunakan.

Saat menggunakan smartphone di luar ruangan maka saya akan meningkatkan kecerahan layar lebih tinggi dibandingkan jika di dalam ruangan.

Cocok sudah kedua hal ini “sinar matahari + kecerahan layar yang full” yang membuat smartphone cepat panas. 

Bagi kamu yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan sebaiknya jangan sampai smartphone kamu terkena matahari langsung. Yakinlah jika ini kamu lakukan maka smartphone kamu akan cepat panas.

Intinya untuk kamu yang beraktivitas di dalam mauapun luar ruangan sebisa mungkin jangan sampai smartphone terkena sinar matahari secara langsung.

4. Jangan Over

Hidup di zaman ini memang gak akan bisa berhenti mengintip apa yang sedang terjadi dijagat maya. Dikit-dikit buka instagram, lihat notifikasi, balas komentar di twitter dan sebagainya.

Meski terkesan sepele, namun kebiasaan ini bisa membuat smartphone cepat panas.  Alangkah lebih baik jika kita istirahatkan smartphone untuk beberapa waktu.

Toh kamu tidak akan ketinggalan zaman jika tidak membuka internet untuk beberapa jam. Membatasi penggunaan smartphone juga bisa membuat kamu lebih fokus pada pekerjaan.

Kesimpulannya adalah bijak dalam menggunakan ponsel pintar kamu ya guys.

5. Lepas Case (Sarung Smartphone)

Case atau casing memang bisa membuat tampilan ponsel pintar menjadi lebih keren dan bisa melindungi body smartphone dari lecet akibat penggunaan.

Faktanya casing ponsel juga dapat menahan suhu panas yang dihasilkan oleh baterai atau hardware yang sedang bekerja.

Suhu yang tertahan ini akan berada disekitar ponsel pintar dan bisa membuat smartphone cepat panas.

Terlebih lagi jika kamu menggunakan case yang berbahan buruk dalam pengantar kalor (panas).  

Sebagai solusi, lepaskan dulu casing tambahannya sampai suhunya normal. Atau, beli casing yang dirancang untuk mengurangi panas.

6. Gunakan App Manager

Gunakan aplikasi manager. Aplikasi manager bisa mengatur pemakaian baterai smartphone kamu. 

Aplikasi ini juga dapat memprioritaskan mana app yang membutuhkan daya lebih dan mana app yang seharusnya di nonaktifkan sementara.

Sistemnya seperti asisten pribadi yang akan mengurusi dan manag segala aktivitas kamu dalam ruang lingkup smartphone. Jika cara ini kamu coba bisa mengurangi resiko smartphone menjadi panas.

7. Gunakan Casing yang Bisa Menyerap Panas 

Kamu menggunakan case untuk smartphone yang digunakan? 

Case kamu berbahan apa ya? Apakah bahan yang digunakan untuk membuat casing tersebut bisa menghantarkan panas dengan baik atau malah sebaliknya dapat menahan panas yang dikeluarkan oleh smartphone?

Panas yang tertahan karena casing, akan membuat smartphone cepat panas dan yang lebih parahnya lagi smartphone kamu bisa rusak.

Kamu gak mau kan gara-gara sebuah casing yang harganya tak seberapa harus mengorbankan smartphone yang harganya jutaan.

Oleh sebab itu jika casing yang kamu gunakan bisa membuat smartphone cepat panas ganti dengan casing yang berbahan dasar yang bersifat sangat baik dalam menghantarkan suhu.

Kamu bisa membeli casing tersebut disini (lazada) , karena banyak yang jual disana. Sebelum membeli baca dulu bahan apa yang digunakan untuk membuat.

Casing yang bagus mungkin harganya lebih mahal beberapa puluh ribu dibandingkan dengan case yang berbahan dasar buruk. Namun harga segitu gak jadi masalah dari pada smartphone kamu yang rusak, kan gak lucu.


Jika berapa cara di atas kamu gunakan, saya yakin android kamu tidak akan cepat panas. Semoga artikel ini membantu kamu ya, aamiin. Selamat mencoba....


Artikel Terkait

Previous
Next Post »