Tempat Pasang Iklan Gratis yang Cepat Mendapatkan Pembeli

Desember 21, 2016
Wah... ternyata di internet terdapat tempat pasang iklan gratis yang cepat dilihat oleh orang lain loh!.

Bahkan tidak hanya di lihat, tapi akan mendapatkan respon juga oleh calon pembeli potensial.

Dengan begitu Kita tidak perlu menunggu lama-lama ketika ingin menjual sebuah produk layaknya beriklan secara offline.

Ini sangat cocok sekali dan patut dicoba buat orang yang sedang merintis bisnis online namun minim modal seperti usaha mikro dan rumahan.

Mengapa cara ini patut di coba?....alasannya karena gratis, dan cukup efisien.

sourch image: support google

Ya benar gratis 100%, sehingga kamu tidak perlu keluar duit untuk menawarkan produk yang kamu jual.

Apakah dengan cara memasang iklan di internet ini bisa meningkatkan penjualan produk saya?

Tentu saja bisa!, ini buktinya.

Dikutip dari id.techinasia.com, dari sekitar 4,3 juta orang di tahun 2013 yang terbiasa berbelanja secara online, pada tahun 2014 jumlahnya telah mencapai 7,4 juta orang dan akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang. Daniel menambahkan bahwa pada tahun 2016 yang akan datang, diperkirakan terdapat 8,4 juta pembeli melalui e-commerce Indonesia, dengan angka penjualan yang dapat mencapai $4,5 miliar (sekitar Rp61 triliun).

Selain itu, Berdasarkan data dari Staf Khusus Bidang Riset & Pengembangan, Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber, Kemenko Polhukam, Kun Arif Cahyantoro, bahwa total pembelian produk via online blan januari 2016 baik menggunakan mobile (smartphone) dan via PC/Tablet masing-masing sebesar 12,82 juta, dan 21,14 juta (tempo.co, 2016/02/22).

Berdasarkan data tersebut internet merupakan tempat pemasaran yang potensial dan bisa menjadi sistem periklanan masa depan.

Inilah yang harus dimanfaatkan sebagai sarana menjual barang milik kamu.

Baca juga: 3 Cara Mencari Uang Lewat Iklan

Namun sebelum memasarkan iklan secara online, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara, tempat, dan sistem pemasangan iklan secara online, sehingga tidak salah langkah.

Pada postingan ini saya akan membahas beberapa tempat memasang iklan untuk produk kita secara gratis, namun mudah mendapatkan respon dari pengguna internet.

Tenang saja kok, cara yang akan kita bahas tidak akan ribet maupun berbayar, namun sebaliknya.

Oke berikut tempat-tempat memasang iklan gratis di internet yang cepat mendapatkan respon pembeli.

Tempat pasang iklan gratis #1, OLX


Siapa yang tidak kenal olx, situs jual beli online yang dahulunya bernama tokobagus.com ini sudah menjadi buah bibir sejak lama. Bahkan sejak saya masih SMA tepatnya tahun 2009 jual beli online ini sudah mendapat kepercayaan dari banyak orang termasuk saya dan teman saya.

logo olx.co.id

Sedikit bercerita, saat itu (2009) internet dan smartphone masih jarang bahkan blackbarry pun masih banyak orang yang belum tahu, sehingga untuk mencari informasi di internet saya harus ke warnet tidak seperti saat ini yang hanya membuka lewat android saja suda bisa.

Ini celaka besar, banyak tugas dari guru Bahasa Indonesia dan IPA yang memberikan tugas membuat makalah lah, laporan lah....mau gak mau harus bolak balik warnet bahkan hanya untuk download image pendukung tugas x_x.

Karena malas bolak-balik ke warnet yang jauh akhirnya saya dan teman saya patungan membeli modem, saat itu pun harga modem masih mahal berkisar antara 200 rb sampai 350rb (ini dollar belum naik loh!).

Zaman segitu mana ada uang buat beli yang baru, lagian kami pun masih anak sekolahan yang uang masih minta orang tua :).

Yaudah dari pada beli yang baru mending beli yang second. Sayangnya, toko-toko gadget gak ada yang jual modem second, malah ditawarin kalau mau cari yang second lihat aja di internet kata penjualnya.

Dengan memanfaatkan komputer sekolah kami berdua browsing dengan keyword “tempat jual modem bekas di .......” nah munculah toko bagus.com di halaman  awal google.

Setelah cari-cari harga yang pas, dan lokasi orang yang jual deket dengan lokasi rumah, akhirnya kami ketemuan untuk beli modem tersebut. Alhamdulillah ngerjain tugas sekolah jadi lebih gampang.

Tapi itukan 7 tahun yang lalu, apa masih relevan dengan saat ini?

Tentu saja masih, bahkan saat saya kulia pun banyak teman saya yang mencari barang second di OLX ini, notebook acer yang saya gunakan ini pun saya beli dari olx dengan harga Rp.1.850.000.

Bahkan, semakin banyak orang yang sudah melek internet cari barang second terutama yang berada di daerah-daerah dengan status ekonomi menengah ke bawah.


Untuk membuktikan apakah masih banyak orang yang mencari barang second. 

Minggu lalu saya coba menjajal jual kembali notebook ini di olx, dengan harga Rp.1.600.000 eh gak sampe 2 jam uda ada yang sms berminat dengan notebook ini, tapi dia nawar 1.400.000. Setelah 3 hari pun sudah ada yang sms/wa berjumlah 8 orang yang berniat.

Karena saya cuma ingin melihat apakah pasar olx masih potensial, ya saya beri  alasan ke yang nawar NB ini kalau gak jadi saya jual.

Oke lalu bagaimana cara memasang iklan di olx ini?

Sebenarnya ada 2 cara, yaitu lewat komputer (laptop, pc) dan langsung lewat smartphone.

Cara Pasang Iklan Gratis di Olx

Untuk memasang iklan gratis lewat komputer dulu, ini dilakukan jika kamu gak ada smartphone. caranya sebagai berikut;

buka situs olx > olx.co.id > klik pasang iklan > silahkan login jika sudah buat akun, jika belum silahkan buat. Kamu juga bisa login dengan facebook atau google, saya sarankan gunakan akun email saja biar aman.

Ikuti langkah seterusnya hingga selesai

Sedangkan cara yang kedua adalah dengan smartphone, namun kamu harus download aplikasi olx biar mudah. Berikut caranya;
  • Download aplikasi olx di playstore
  • Buat akun olx
  • Foto barang yang akan kamu jual langsung dari aplikasi tersebut, bisa 1 sampai 5 gambar dengan sudut pandang yang berbeda
  • Isi semua keterangan produk yang kamu jual, seperti kontak, harga, alamat kamu dll 
  • Lalu ajukan iklan 
  • Tunggu sampai iklan disetujui pihak olx biasanya sih 10 sampai 30 menit. 
  • Jika sudah di setujui maka iklan kamu akan masuk daftar barang yang dijual
  • Tunggu sampai ada orang yang hubungi kamu

Oiya kamu juga bisa dengan cara membuat banner terhadap produk yang kamu tawarkan dengan photoshop atau coreldraw untuk di pasang di olx.

Jika ini merepotkan gunakan foto saja seperti cara di atas. Bagaimana, mudah buka!, Nah buruan pasang iklan kamu di situs pasang iklan gratis ini.

Tempat Pasang Iklan Gratis #2, Kaskus FJB


Kaskus FJB merupakan singkatan dari Forum Jual Beli yang di tawarkan oleh kaskus jika kamu ingin menjual barang di internet.

logo kaskus fjb

Layaknya tempat pasang iklan gratis di internet lainnya, di sini kamu bisa memasang secara gratis apa pun barang yang kamu tawarkan kecuali barang terlarang dan pornografi ya.

Untuk memulainya silahkan masuk ke situ tersebut, lalu isi semua persyaratan yang di minta.

Karena kaskus merupakan sebuah website forum nomor satu di Indonesia, maka peluang besar iklan yang kamu tawarkan akan lebih gampang terlihat dan terjual.

Cara Pasang Iklan di Kaskus FJB

Berikut ini bagaimana cara memasang iklan di kaskus;
  • Buka akun kaskus kamu (jika sudah punya, jika belum klik bikin lapak)
  • Isibiodata yang di minta
  • Ikuti langkah hingga selesai

Kaskus fjb juga punya fitur berbayar yang bisa kamu manfaatkan agar iklan kamu berada di tempat yang selalu terlihat, tapi ini hanya sebagai opsi saja jika kamu mau.

Mari kita lanjut ke tempat ke tiga.


Tempat Pasang Iklan Gratis #3, BukaLapak


Tempat ketiga ini merupakan cara yang paling saya suka, karena mudah dan cepat laku :)..

logo bukalapak.com

Sebenarnya bukalapak adalah marketplace/lapak tempat jual beli online layaknya tokopedia dan yang lainnya. Yang membedakan antara bukalapak dengan marketplace lainnya adalah memfokuskan pada ukm sehingga cocok buat kamu yang mempunyai barang berbasis ukm.

Selain itu bukalapak merupakan market place karya anak bangsa yang wajib kamu dukung agar kita tidak bergantung lagi terhadap produk dari bangsa lain khususnya produk taipan.

Bukalapak merupakan lapak online yang paling saya suka untuk menjual barang dagangan saya via online. Mengapa ?, karena dibukalapak cepat lakunya, dan iklan barang yang kita pasang mudah di lihat oleh pembeli.

Untuk menjual barang kamu dan memasang iklannya di bukalapak, caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat akun disana lalu ikuti langkah yang diminta, caranya gak lebih sulit dari cara membuat akun facebook kok, tenang aja.

Tempat Pasang Iklan Gratis #4, Carijasa.co.id


Tempat memasang iklan gratis yang berikutnya adalah cari jasa, sebenarnya ini bukan tempat pasang iklan namun lebih kepada tempat menawarkan jasa yang kamu miliki.

logo carijasa.co.id

Contohnya kamu punya sebuah unit usaha advertising dengan produk cetak spanduk, cetak buku, dan lain-lain, maka bisa di tawarkan lewat situs ini.

Carijasa juga cocok buat kamu yang ingin menawarkan jasa produk untuk jangka panjang dengan klien yang stabil, karena situs ini sudah memiliki banyak pelanggan dan proyek yang dikerjakan, jadi sudah mendapatkan kepercayaan dari pengguna internet.

Untuk menawarkan jasa yang kamu tawarkan di situs carijasa.com, kamu harus membuat akun terlebih dahulu disana buat akunnya disini: www.carijasa.co.id 


Tempat Pasang Iklan Gratis #5, di Blog Pribadi


Cara terakhir ini bisa kamu coba juga, namun hanya sebagai opsi terakhir, mengapa?

logo blogger


Memasang iklan di blog milik pribadi caranya sangat gampang bahkan 1 menit pun sudah jadi. 

Tetapi yang tersulit adalah membuat blog banyak pengunjung hingga bisa menghasilka caranya kurang mudah, terutama buat orang yang gak punya modal.

Namun jika kamu punya modal pasang saja di blog terkenal, namun gak gratis alias bayar.

Nah itulah tempat-tempat pasang iklan gratis yang cepat mendapatkan pembeli yang bisa kamu coba. Kalau bisa lakukan pemasangan iklan di satu sampai tiga tempat saja, agar kamu lebih fokus menjalaninya.

Saya minta sharenya ya ke facebook, twitter, atau jejaring sosial lainnya milik kalian, supaya saya lebih semangat lagi menulis info buat kamu-kamu sekalian.

Terimakasih sudah berkunjung, wassalamualaikum.

Mungkin kamu tertarik: rekomendasi dari google: cara memasang iklan diblog yang tepat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »