Google Merekomendasi “Cara Memasang Iklan di Blog” yang Tepat

Januari 05, 2017
Pada postingan yang lalu play blog’s telah membuat pos yang membahas “cara memasang iklan di blog” yang bisa menghasilkan jutaan rupiah perbulan.

Sebenarnya pada postingan tersebut sudah di bahas juga mengenai sebuah rekomendasi dari pihak google jika seorang blogger ingin memasang iklan di blognya.

Namun hanya sebatas garis besarnya saja dengan alasan untuk fokus pada cara mendapatkan uangnya bukan iklannya.

Untuk itulah kami rasa perlu membuat postingan tersendiri akan hal ini sehingga lebih afdol dan terstruktur.

Mungkin kamu tertarik: cara mencari uang lewat iklan accesstrade

Berikut jabarannya.

Cara Memasang Iklan yang Tepat Di Blog


Mengapa perlu mengetahui pemasangan iklan yang tepat?

Jika kamu memasang iklan di blog atau website berarti kamu telah melakukan kegiatan bisnis online walaupun tidak secara langsung.

Jangan berpikir bahwa bisnis di internet itu berupa jual beli barang/jasa saja, namun usaha mencari uang lewat iklan juga bisa di sebut sebagai bisnis online.

Pastinya kamu sudah tahu dan kemungkinan paham bawa sebuah bisnis tidak bisa dijalankan secara sembarangan. Perlu metode yang tepat sehingga hasilnya juga dirasakan.

Begitu juga dengan metode mencari uang dengan iklan, kita perlu memahami juga mengenai letak iklan yang bagus itu dimana?, ukurannya harus seberapa?, warna yang cocok dengan blog kita, jenis iklannya berbentuk apa (teks/gambar/video)?, etc.

Mangkanya tidak bisa sembarangan.

Disini kita memfokuskan saja pada poin pemasangannya, sedangkan poin lainnya pihak penyedia iklanlah biasanya yang memfasilitasi, jadi kita tinggal menggunakannya saja.

Sebenarnya kita bisa mencari sumber lain untuk mengetahui bagaimana sebaiknya iklan yang di pasang di blog bisa mendatangkan banyak uang, seperti melakukan riset. Namun dari pada buaang-buang waktu lebih baik kita memanfaat data yang sudah didapat oleh pihak google.

Lagipula, sudah pasti google mempertimbangkan beberapa hal dan dengan tingkat akurasi yang tinggi terhadap data yang ia miliki, jadi alangkah sayangnya jika kita menyia-nyiakan data maupun rekomendasi yang di berikan.

Mengapa google mau memberikan rekomendasi buat kita?

Kemungkinan kita pernah bertanya mengapa sebuah perusahaan memberikan rekomendasi terhadap penggunanya, memang apa untungya bagi mereka?, apa hal tersebut hanya sebatas promosi saja?.

Adsense adalah sala satu bisnis yang memberikan pemasukan bagi google, jadi wajar jika mereka memberikan rekomendasi kepada publishernya.

Tanpa publisher, google juga akan kesulitan mendistribusikan iklan dari jutaan advertiser dan jika advertiser kecewa terhadap layanan google maka pihak advertiser (pengiklan) akan beralih ke perusahaan lain, dan dampak selanjutnya adalah pihak google akan rugi bahkan kehilangan pasarnya.

Kita analogikan secara sederhana saja seperti berikut;

Publisher (blogger) meletakan iklan secara asal > tidak ada klik dari pengunjung  > advertiser (pemilik iklan) kecewa > google rugi > dan pada ujungnya blogger juga yang rugi (gak ada iklan yang bisa dijadikan pemasukan blog).

Nah sekarang kamu sudah paham kan. lalu seperti apa rekomendasi yang diberikan oleh pihak google untuk kita?

Cara Memasang Iklan yang Tepat di Blog Menurut Google


Perhatikan gambar ini;

tata letak iklan yang bagus
sumber: support google 

Gambar diatas merupakan rekomendasi google ketika kita hendak memasang iklan di blog/website milik kita, banner berwarna biru yang di letakan di header atau di bawahnya, banner merah di sidebar, dan banner hijau di footer/bahkan dalam body artikel.


Kalau itu kemungkinan juga kamu sudah mengetahuinya bukan, namun ternyata tidak sesepele itu ada beberapa alasan mengapa hal tersebut patut dijadikan rekomendasi buat publisher. 

Bukankah sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya bahwa tidak mungkin jika google merekomendasikan sesuatu tanpa dikaji terlebih dahulu, ingat google adalah perusahaan besar dan banyak pakar didalamnya yang bisa dijadikan acuan untuk kita.

Jika kamu publisher adsense atau berencana menjadi publisher adsense, berikut rekomendasi yang google tawarkan;

A. Tempat Peletakan Iklan  

Para praktisi blogger pasti sudah tahu dimana tempat meletakan iklan yang bagus itu di header, sidebar, footer, dibawah postingan, maupun didalam postingan itu sendiri.

iklan yang cocok diletakan di header merupakan iklan banner dengan dimensi panjang (width) lebih besar dibandingkan dengan tinggi (height), misalnya; 728 X 90 px. Untuk banner yang akan di letakan di sidebar yang paling bagus berdimensi panjang lebih kecil dibandingkan tinggi, misal; 90 X 720 px, namun tidak menutup kemungkinan banner yang seimbang antara di mensi tinggi dan panjangnya sama cocok diletakan di sidebar.

Untuk banner yang diletakan di dalam body postingan (bercampur dengan artikel) cocok dengan dimensi apa saja yang sesuai dengan ukuran body postingan tersebut, tidak melebihi atau melewati batas margin.

Mungkin kamu tertarik: cara mengatasi akun adsense yang di susupi orang lain

B. Mengutamakan Pengunjung (Visitor)

Jika kamu publisher yang baik dan ingin di cintai visitor dan google maka utamakan pengalaman pengguna (pengunjung), tekankan pada konten bukan iklan. 

Google sangat benci pada blog atau website yang dipenuhi dengan iklan baik dari adsense sendiri atau dari luar adsense, oleh sebab itulah iklan adsense terdapat tombol untuk pengguna internet menghilangkan atau menutup iklan tersebut.

Bayangkan saja jika kamu mengunjungi sebuh blog atau website dimana disesaki oleh iklan didalamnya, bahkan konten atau artikel yang di sajikan di potong-potong ke halaman selanjutnya, pastinya jengkel bukan.

Coba perhatikan gambar ini;

iklan yang mengutamakan pengunjung blog
peletakan iklan di artikel/postingan

Dari gambar di atas, google merekomendasikan iklan yang di letakan di dalam blog tidak boleh di utamakan namun kontenlah yang menjadi raja bukan sebaliknya. 

Pada gambar A konten lebih mendominasi dibandingkan iklan, dan letaknya menyatu namun tetap bisa di bedakan antara konten dan iklan, sedangkan gambar B konten berada di bawah iklan ini tidak bagus menurut google.

Pengguna atau pengunjung datang ke blog karena ingin mendapatkan informasi bukan ingin mencari iklan, so rajakanlah konten jika kamu ingin sukses dengan adsense.

Jika rekomendasi diatas untuk postingan blog, lalu bagaimana dengan situs atau web yang berbentuk news/berita dengan home page-nya?

Jika blog/website kamu berbentuk news atau berita maka pihak google merekomendasikan seperti ini;

cara meletakan iklan di situs berita
peletakan iklan di beranda/home

Berdasarkan gambar di atas, google menganjurkan bahwa publisher harus;
  • tempatkan unit iklan yang lebih besar paro atas untuk menarik penargetan penempatan.
  • Kamu bisa menempatkan hingga tiga unit iklan adsense/lainnya untuk konten standar di beranda. Sebaiknya menggunakan format iklan spanduk utama dengan ukuran 728x90 px atau kotak sedang berukuran 300x250 sesuai dengan tata letak laman.
  • Menambahkan kotak adsense untuk penelusuran di samping bilah navigasi atas.

Sebelum menutup, kami ingin menekankan bahwa cara memasang iklan di blog ini berlaku untuk iklan yang berasal dari penyedia iklan apa saja selain adsense.

Seperti iklan dari accesstrade, revenuehits, adnow, iklan pribadi, dan sebagainya. Karena sebenarnya rekomendasi yang diberikan bisa kita terapkan untuk iklan di luar adsense.

Jika kamu ingin memulai berbisnis online dengan menjadi publisher adsense maupun iklan lainnya, gak ada salahnya mengikuti rekomendasi yang di berikan oleh pihak google tersebut mengenai cara memasang iklan di blog karena selain mematuhi peraturan yang ada, kamu juga lebih berpeluang mendapatkan hasilnya.

Jika dirasa bermanfaat silahkan sebarkan postingan ini, atau kita bisa berteman via twitter. G+ dan facebook sobat. Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini, sukses buat kita, wassalam.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »